AS Kerahkan Senjata Berat Dukung Syiah Irak Untuk Habisi Mujahidin Muslim

Posted on Januari 8, 2014

0


Amerika Serikat telah mengatakan akan mempercepat penjualan militer dan pengiriman senjata ke Irak untuk membantu pemerintah Syiah Perdana Menteri Nouri al – Maliki untuk melawan militan al- Qaeda di provinsi Anbar yang bergolak .

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan Amerika Serikat sedang mencari untuk menyediakan pengiriman tambahan rudal Hellfire segera pada musim semi depan .

Amerika Serikat juga akan memberikan 10 pesawat Drone surveilans ScanEagle tak berawak  ( UAV ) ke Irak dalam beberapa pekan mendatang dan 48 Drone Raven UAV surveillance akhir tahun ini , kata Carney .

Meskipun serangan militer pemerintah Syiah  sedang berlangsung , pasukan Syiah Irak telah gagal untuk merebut kembali daerah jihad yang masih dikuasai oleh Mujahidin Muslim  Anbar .

Kementerian Pertahanan Irak mengatakan pada hari Selasa bahwa serangan udara pemerintah menewaskan 25 militan al- Qaeda di provinsi yang terkepung tersebut.

Pada hari Senin kemarin Mujahidin Muslim  yang setia kepada Negara Islam Irak dan Levant (ISIL) masih menguasai  Falluja , di bagian barat Baghdad , walau mereka menghadapi  serangan besar dari pihak kepolisian Syiah Irak .

” Bentrokan meletus pada pukul 11 malam  dan berakhir pagi ini pukul 06:00  . Pasukan keamanan Syiah Irak tetap gagal untuk memasuki wilayah tersebut dan ISIL masih memegang kendali . “

Empat warga sipil tewas dan 14 terluka dalam pertempuran itu , Dr Ahmed Abdel Salam  kepada AFP .

ISIL mendapatkan dukungan  dari gelombang kemarahan Rakyat Muslim atas pemerintah Syiah , sehingga pada 30 Desember lalu mereka berhasil  merebut sebagian besar wilayah kota dan keseluruhan dari kota Fallujah. (Arby/Dz)

Iklan
Posted in: Amerika, Irak