Ayo Bantu Muslim Afrika Tengah !

Posted on Maret 11, 2014

0


Islamedia – Tragedi kemanusiaan mengerikan melanda Afrika Tengah. Korbannya: Umat Islam. Amnesti Internasional (AI) bahkan mengeluarkan peringatan: saat ini sedang terjadi genosida (pembunuhan massal) terhadap umat Islam di negeri itu.

Human Right Watch (HRW) pun mengatakan, kaum Muslim di Afrika Tengah telah menjadi sasaran gelombang kekerasan tanpa henti yang terkoordinasi dan memaksa mereka meninggalkan rumah mereka.

Kepala Badan Pengungsi PBB, Antonio Guterres, menyebut tragedi di negara itu sebagai “pembersihan masif etno-religius” seiring pembunuhan tanpa pandang bulu dan pembantaian terjadi dengan kebiadaban dan kebrutalan yang mengejutkan (Kompas.com, 13/2/2014).

Kehadiran 8.000 pasukan PBB ternyata belum mampu mencegah terjadinya kekerasan, kerusuhan, dan pelanggaran kemanusiaan terhadap kaum Muslim di Afrika Tengah.

Di Bangui, ibukota Afrika Tengah, 85% dari 250.000 kaum Muslim terpaksa mengungsi ke sisi timur laut dan negara tetangga seperti Chad, Kamerun, dan Kongo.

Diperkirakan, 650.000 pengungsi muslim tersebar di seluruh negeri dengan ketidakamanan dan kondisi pengungsian yang buruk. Yang lebih menyedihkan, 100.000 anak di pengungsian akan mengalami masalah gizi buruk (UNOCHA, 5/3/2014).

Saatnya aksikan solidaritas kemanusiaan bagi muslim Afrika Tengah!

#SaveCentralAfrica. Selamatkan Korban Tragedi Kemanusiaan Afrika Tengah

Salurkan Sedekah Anda untuk Solidaritas Muslim Afrika Tengah melalui Dompet Dhuafa.

Menurut GM DDHK, Ust. Rovi Octaviano, dana yang terkumpul akan dibawa ke sana dan dibelikan kebutuhan pengungsi di Kenya atau Nigeria.

“RI punya perwakilan diplomatik di Nigeria, Sudan, dan di Kamerun setingkat atase perdagangan. Kita bisa ikhtiar masuk Chad –sebagaimana IHH dan Islamic Relief– via Sudan atau masuk ke Kamerun sebagaimana ICRC dan MSF via nigeria,” jelasnya.[DD/Islamedia/YL]

Iklan
Posted in: Afrika, Islam