Lembaga Keuangan Syariah Sepakat Bentuk Auditor Syariah Eksternal

Posted on Maret 20, 2014

0


Islamedia -Waqf Fund, sebuah lembaga yang dibentuk oleh Central Bank of Bahrain (CBB) menginisiasi sebuah diskusi tentang kebutuhan audit syariah eksternal bagi seluruh lembaga keuangan syariah. Diskusi meja bundar yang ketujuh ini mengusung tema “Development of internal Shari’ah Review, Internal Shari’ah Audit and External Shari’ah Audit” yang bertempat di Hotel Ritz Carlton, Bahrain.

Forum strategis yang berlangsung selama setengah hari ini dihadiri oleh sekelompok professional yang mewakili 4 perusahaan besar, para direksi bank syariah, perwakilan dari AAOIFI, para auditor syariah internal dan pejabat CBB.

Acara ini bertujuan untuk mengambil keputusan demi menguatkan sektor keuangan syariah. Diantara pembahasan yang menjai fokus adalah masalah tingkat kesyariahan lembaga keuangan syariah, kenyamanan bagi regulator untuk mengambil keputusan, kepentingan para pemegang saham dan juga masyarakat terkait tingkat kesyariahan lembaga keuangan.

Seluruh peserta diskusi yang hadir dalam acara ini sepakat bahwa lembaga keuangan syariah membutuhkan adanya auditor syariah eksternal. Oleh karena itu perlu untuk membentuk sebuah tim kerja yang terdiri atas 4 lembaga keuangan syariah terbesar dan beberapa auditor syariah. Mereka juga setuju agar para auditor syariah eksternal ini bekerja di bawah otoritas regulator.

Para peserta juga menekankan untuk membuat sertifikasi akuntan syariah professional yang bisa berstandar internasional. Dengan begitu diharapkan sertifikasi ini dapat mengembangkan SDM di bidang auditor syariah eksternal.

Seluruh hasil keputusan dalam diskusi ini akan diserahkan ke Bank Sentral Bahrain sebagai pertimbangan. [ekonomisyariah.org/Puri Hukmi]

Iklan
Posted in: Indonesia, Islam