Demi Kuasai Bisnis Berlian. Kristen Afrika Tengah Bantai dan Usir Umat Islam

Posted on Maret 26, 2014

0


bodaPuluhan mil jauhnya dari ibukota Bangui , Afrika Tengah , umat Islam  Boda yang menetap di bagian  selatan Republik Afrika Tengah juga alami  serangan berulang-ulang dari milisi Kristen yang telah mengingkari perjanjian sebelumnya untuk menghentikan pertempuran .

” Kami tidak memiliki kebebasan apapun, ” ujar Mahamat Awal , Walikota Muslim Boda , mengatakan kepada IRIN , layanan dari kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan , pada hari Senin, 24 Maret.

” Bahkan kami tidak bisa pergi sejauh 100 meter pun dari daerah kami . Jika kami lakukan, kami akan dibunuh , sehingga sulit bagi kita untuk tinggal menetap di sini .

” Kami akan lebih memilih mengungsi ke tempat lain di Afrika tengah , hingga kita menunggu keputusan dialog dengan orang Kristen , ” tambahnya .

Pekan lalu , kesepakatan yang disponsori pemerintah telah ditandatangani oleh milisi Kristen  yang berjanji untuk tidak menggunakan senjata terhadap umat Islam Boda serta bekerja sama dengan pasukan penjaga perdamaian yang dikerahkan di kota . Namun milisi Kristen selalu mengingkari perjanjian gencatan senjata tersebut.

” Suasana di kota Boda sangat buruk . Kami bertemu dengan komunitas Muslim di pagi hari dan di sore hari kami bertemu milisi orang-orang Kristen , ” mereka beritakan .

Namun , beberapa jam setelah penandatanganan kesepakatan itu, milisi Kristen menyatakan penolakannya dari janji yang akan mengamankan keberadaan sekitar 12.000 Muslim di kota yang sangat kaya berlian itu.

” Kami tidak ingin umat Islam untuk tinggal di sini , ” kata Edgar Flavie , juru bicara kelompok milisi Kristen.

Di kota ini Boda,  perekonomian dibangun di atas meriahnya perdagangan berlian , Milisi  Kristen memutuskan untuk memboikot para pedagang Muslim  yang menguasai hampir 95 % dari perdagangan berlian disana.

Kerusuhan yang terlihat disengaja ini menyebabkan pemboikotan para pedagang Muslim , sehingga Muslim menderita kehilangan bisnis mereka .

” Kita dapat menemukan pembeli lain yang bukan Muslim untuk berlian kami , ” kata juru bicara Milisi Kristen.

” Bahkan kulit putih pun dapat datang langsung ke sini untuk  membeli berlian . “

Selama beberapa minggu terakhir , milisi Kristen  menggerebek rumah Muslim membunuh anak-anak dan perempuan , penjarahan dan merusak properti Muslim.

Seiring dengan pembunuhan , penculikan , penyiksaan dan penangkapan sewenang-wenang dan penahanan , Negeri ini  dilanda perang , bahkan penyelidikan PBB menemukan bukti kekerasan seksual . (OI.net/KH)

Iklan
Posted in: Afrika