PDIP Anjlok, PKS Berjaya di Sragen

Posted on April 16, 2014

0


SRAGEN—Dua partai terbesar di Kabupaten Sragen, PDIP dan Golkar sama-sama menyatakan minta maaf kepada masyarakat karena telah gagal mencapai target awal perolehan kursi. Sebaliknya, partai menengah seperti PKB, PKS, Gerindra justru berjaya karena di luar dugaan perolehan kursi mereka melebihi kalkulasi awal.

Dari analisis hasil real count rekapitulasi sementara versi Pusat Data Elektronik (PDE) Pemkab Sragen yang sudah mencapai 100 persen, Kamis (10/4), PDIP akan meraih 11 kursi atau turun enam kursi dari Pemilu 2009. Golkar di posisi dua dengan delapan kursi, naik dua kursi namun masih di bawah target awal 12 kursi.

Partai besar lainnya, Demokrat lebih tragis karena terjun bebas dari tujuh kursi 2009 menjadi tinggal tiga kursi. Kondisi berbeda dialami partai menengah seperti PKB yang di luar dugaan mendapat tujuh kursi, naik dua kursi dari 2009, Gerindra dari satu kursi menjadi lima kursi, dan PKS yang naik dua kursi dari empat menjadi enam kursi. PAN stagnan dengan tiga kursi, disusul Hanura dan PPP masing-masing satu kursi. Tiga partai yang nihil kursi yakni Nasdem, PKPI, dan PBB.

Ketua DPC PDIP Sragen, Bambang Samekto mengakui kegagalan PDIP mempertahankan atau menaikkan kursi di Pemilu ini. Akan tetapi, ia masih bersyukur PDIP masih menjadi partai terbesar di Sragen. Selain buruknya sistem demokrasi transaksional pada Pilkades yang berimbas pada Pemilu, berkurangnya kursi PDIP juga karena faktor tingginya praktik money politic yang dilakukan oleh partai-partai menengah dan pendatang baru (?).

Senada, Ketua Badan Koordinasi Pemenangan Pemilu (BKPP) DPD Golkar Sragen, Bambang Widjo juga meminta maaf kepada masyarakat atas kegagalan partainya mencapai target 12 kursi. Namun, kenaikan dua kursi dari Pemilu 2009, menurutnya, masih bisa dipandang sebagai sebuah keberhasilan.

Sementara, Wakil Ketua DPC PKB Sragen, Fathurohman mengapresiasi dua keberhasilan PKB yakni menaikkan perolehan suara 100 persen dari 35.000 ke 72.000 dan bertambahnya kursi dari lima menjadi tujuh. Selain faktor solidnya pendukung NU-PKB dan semua Calegnya bekerja, konsolidasi yang bagus di internal Caleg adalah kunci keberhasilan PKB di Pemilu ini.

Ketua DPD PKS Sragen, Dedy Denriyatno menilai keberhasilan PKS menambah dua kursi adalah buah kerja keras internal dan semua Calegnya. Ia bahkan mengatakan raihan luar biasa PKS di Pemilu 2014 ini baru langkah awal dari PKS. 

*http://joglosemar.co/2014/04/pdip-demokrat-anjlok-pkb-pks-berjaya-di-sragen.html?relatedposts_exclude=52390

http://www.pkspiyungan.org/2014/04/pdip-anjlok-pks-berjaya-di-sragen.html

Iklan
Posted in: Indonesia