Jokowi Terjebak Pertanyaan Siapa Menteri Agama?

Posted on Juni 1, 2014

0


Pertanyaan tentang siapa Menteri Agama jika Jokowi menjadi presiden agaknya telah membuat capres dari Partai Demokrasi Indonesi Perjuangan (PDIP) itu terjebak.

Sebelumnya, beredar isu bahwa Jalaluddin Rakhmat akan menjadi Menteri Agama jika PDIP berkuasa. Hal itu berdasarkan usulan tokoh liberal yang juga caleg PDIP Zuhairi Miswari pada Februari lalu. Setelah Jokowi resmi mendapat surat mandat Ketua Umum PDIP untuk menjadi Capres, isu itu semakin santer terdengar di media sosial.

Untuk menepis isu itu, Muhaimin Iskandar meyakinkan pemilih NU bahwa jika Jokowi-JK menang, Menteri Agama dijamin dari NU.

“Saya menjamin menteri agama dari kalangan NU kalau Jokowi-JK menang,” kata Cak Imin dihadapan ratusan warga NU yang hadir dalam acara Tasyakuran Kemenangan PKB Jatim, di The Empire Palace, Surabaya, Ahad (25/5) lalu.

Namun, pernyataan Muhaimin itu ditangkap berbeda oleh pengamat politik. Dengan memastikan bahwa Menteri Agama dari NU, berarti telah ada pembagian kursi menteri untuk partai anggota koalisi. Padahal, PDIP menggembor-gemborkan bahwa koalisi yang dibangun untuk Pilpres adalah koalisi tanpa syarat, koalisi tanpa bagi-bagi kursi kekuasaan.

Akhirnya, Jokowi pun membantah pernyataan Muhaimin. “Belum bicara masalah menteri. Sudah saya sampaikan kerjasama ini tanpa syarat,” kata Jokowi usai meresmikan Pasar Gondangdia, Rabu (28/5).

Pernyataan terakhir Jokowi itu membuat isu awal tentang siapa Menteri Agama kembali menjadi perbincangan di media sosial. Mayoritas umat Islam menolak jika yang menjadi Menteri Agama berasal dari Syiah. [Jj/bersamadakwah]

Iklan
Posted in: Indonesia