Laporan Intelijen AS : Bowe Bergdahl Telah Mualaf dan Menjadi Mujahidin Taliban

Posted on Juni 9, 2014

0


bowiTernyata Bergdahl telah menyatakan menjadi mujahidin pada tahun 2010, dokumen-dokumen rahasia menunjukkan,” diutarakan oleh oleh James Rosen, melalui siaran Fox News.

US Army Sgt. Bowe Bergdahl  selama ditawan oleh Taliban, telah beralih menjadi Muslim , ia ucapkan  secara terbuka di depan milisi Taliban dan menyatakan diri sebagai “mujahid” Taliban , menurut dokumen rahasia disusun atas dasar saksi mata  dan diperoleh oleh  Fox News.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa hubungan Bergdahl dengan  Haqqani membaik  dari waktu ke waktu, berawal dari periode permusuhan,  seperti layaknya  sandera, hingga ia menjadi jauh diterima oleh Taliban . Dia bahkan dikabarkan diizinkan oleh Taliban  untuk membawa senjata.

Laporan tersebut informasikan nama dan lokasi dari komandan Haqqani – dan menyajikan laporan  paling detail dari kehidupan Bergdahl selama lima tahun terakhir . laporan tersebut berasal dari sebuah perusahaan  Eclipse Group, sebuah perusahaan swasta milik para  mantan perwira intelijen yang mendapatkan kontrak dengan Departemen Pertahanan untuk memberikan informasi intelijen atas kegiatan mujahidin  dan topik keamanan lainnya.

Kelompok ini dipimpin  oleh Duane R. (“Dewey”) Clarridge, mantansenior CIA pada 1980-an yang keterlibatannya dalam  skandal Iran-Contra. Ia diampuni oleh Presiden Bush pada Desember 1992 . New York Times melaporkan  pada Januari 2011 mengungkapkan hubungan kontrak kerja Eclipse  dengan Pentagon.

Clarridge mengatakan kepada Fox News kelompoknya menikmati subkontrak dari US Central Command, atau CENTCOM, yang berkantor pusat di MacDill Air Force Base di Florida, dari November 2009 hingga 31 Mei 2010, dan bahwa setelah kontraknya diputus, ia menginvestasikan sekitar $ 50.000 sendiri uang untuk mempertahankan jaringan informan yang telah menghasilkan rekening rinci, misalnya status Bergdahl itu.

Clarridge lanjut mengatakan kepada Fox News bahwa pada akhir tahun 2010, dalam laporan  Eclipse SITREP # 3023, tanggal 23 Agustus 2012 – di mana anggota jaringan Haqqani yang menculik Bergdahl, dan melaporkan bahwa tahanan Amerika itu telah beralih  sebagai “mujahid” Taliban.

Pada akhir Juni 2010, Bergdahl dilaporkan dengan senang hati bermain sepak bola dengan para pejuang Haqqani, mengambil bagian dalam pematihan menembak dengan AK-47  dan diizinkan untuk membawa senjata api sendiri, sering tertawa  dan sering mengucapkan Assalamu Alaikum .”

“Pada Agustus 2012,” lanjut laporan itu, “orang yang bertanggung jawab atas penangkapan Bergdahl adalah saudara Sangeen, yang telah melimpahkan penjagaan  Bergdahl ke pengawasan Abubakr Asadkhel, yang setia kepada Sangeen, dan yang suku-suku hidup di Shawal.

Abubakr memimpin sekitar 200 orang bersenjata  dan beroperasi di lima pangkalan (markas) di Shawal. Suku Abubakr adalah salah satu cabang besar dari Taliban  dan memiliki banyak armada .

Laporan itu menyebutkan Bergdahl telah masuk Islam dan menggambarkan dirinya sebagai mujahid. Bergdahl menikmati  kebebasan, dan terlibat dalam latihan dengan mujahidin lokal, menembak AK47s. Bergdahl bahkan diizinkan untuk membawa senjata . Bergdahl memainkan sepak bola bersama. Dia tampaknya baik dan bahagia, dan  terlihat tertawa sering dan mengatakan ‘Salaam’ berulang-ulang ….(JL/KH)

Iklan
Posted in: Afghanistan, Amerika