Imam Sholat Maghrib di Pesantren Bacaan Al-Fatihah Jokowi Salah?

Posted on Juni 17, 2014

0


Beredar video di Youtube dengan judul “Jokowi menjadi Imam Shalat Maghrib di pesantren tasik”. Video berdurasi 8:56 menit ini diunguh oleh akun “Jokowi Jusuf Kalla” pada tanggal 14 Juni 2014.

Video ini juga beredar di facebook dan ada yang berkomentar: “ini sengaja dibuat videonya agar orang tau bahwa jokowi bisa jadi imam atau biar orang tau kalau bacaannya seperti itu? gimana ya dengan makmumnya apa perlu mengulang lagi sholatnya ato tidak, karena fatihah itu bagian dari rukun sholat jika bacaan seperti itu,” tulis Fadlan Sinaga di laman fb.

Emangnya bacaan Jokowi salah? Setelah di cek di link Youtube dan diputar berulang kali, memang ada yang mengganjal. Secara umum, makhroj bacaan Al-Fatihah Jokowi lumayan bagus, tapi masih ada yang salah… sirotholladzina-an amta alaihim... dibaca : sirotholladzina-amta alaihim… (hilang “an”)

Di komentar Youtube juga ada yang mengoreksi. “yang benar “siraatal ladheena AN “amta” alaihim….. kok jadi… “siraatal ladheena “amta” alaihim….” (Umroh Sunnah)

Tentu karena bacaan Al-Fatihah adalah merupakan Rukun dalam Sholat maka selaku Imam harus benar dulu bacaannya. Dan karena akhir-akhir ini sering beredar berita tentang “Jokowi Sholat” “Jokowi Jadi Imam” semoga Jokowi atau orang dekat Jokowi memberitahu tentang kesalahan ini untuk diperbaiki karena tanggung jawab Imam itu berat, memikul keseluruhan makmum.

Tulisan ini hanya sebatas nasehat untuk perbaikan.

 http://www.pkspiyungan.org/2014/06/imam-sholat-maghrib-di-pesantren-bacaan.html
Iklan
Posted in: Indonesia