Ribuan Mahasiswa Titipkan Mandat kepada Prabowo-Hatta

Posted on Juli 7, 2014

0


Islamedia.co – Ribuan mahasiswa menggelar aksi deklarasi Gerakan Nasional Mahasiswa Menitipkan Mandat kepada pasangan capres-cawapres nomor urut satu, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Massa yang berasal dari berbagai kampus di seluruh Indonesia berkumpul sejak pukul 09.00 WIB di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Sabtu (5/7/2014).

Ribuan mahasiswa tersebut berorasi mendukung pasangan Prabowo-Hatta dengan mengenakan atribut kampus masing-masing. Selain orasi, aksi deklarasi juga diisi dengan teatrikal yang menggambarkan kondisi Indonesia yang terancam kedaulatannya, persembahan lagu, serta pembacaan puisi.

“Kami menegaskan untuk menitipkan mandat kepada Prabowo-Hatta. Setelah melakukan kajian mendalam, kami menilai bahwa Prabowo Subianto mampu untuk menjaga kedaulatan NKRI,” ujar Kordinator Aksi, Fajar, saat ditemui di HI.

Menurut Fajar, saat ini mahasiswa harus melakukan keberpihakan yang jelas. Mahasiswa harus sadar politik yang didasari atas akal sehat karena mahasiswa adalah tulang punggung bangsa di masa depan. Menghadapi pilpres ini mahasiswa diharapkan tidak netral ataupun golput.

Tantangan Indonesia, kata Fajar, ke depan tak hanya berasal dari dalam negeri semata, tapi juga dari luar negeri. Adanya ancaman klaim budaya negeri serta pengerukan kekayaan Indonesia yang menguntungkan pihak asing merupakan salah satu persoalan bangsa.

“Untuk itu bangsa membutuhkan sosok yang mampu memperkuat nasionalisme dan identitas nasional. Kami melihat visi misi Prabowo-Hatta yang tepat,” kata Fajar.

Gerakan Nasional Mahasiswa Menitipkan Mandat ini diikuti oleh aktivis mahasiswa dari ratusan kampus, antara lain Universitas Gajah Mada, Universitas Sumatera Utara, Universitas Andalas Padang, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Brawijaya, Universitas IPB, dan lain sebagainya.

“Kami bukanlah tim sukses. Kami mahasiswa yang mempunyai sikap dan keberpihakan. Oleh karena itu kami titipkan mandat pada Prabowo-Hatta untuk dijalankan. Namun, kami juga dengan tegas akan menjadi orang pertama yang mencabut mandat dan turun ke jalan apabila Prabowo-Hatta mengkhianati mandat ini,” tegas Fajar. [sindo/im]

 

Iklan
Posted in: Indonesia