Kiat Menghapal Al-Qur’an, Ustadz Abdul Aziz : Mulailah Menghapal Juz 30

Posted on Agustus 18, 2014

0


Al-Quran adalah mukzijat luar biasa dari Allah yang diperlihatkan kepada kita kaum muslimin. Kalau bukan karena mukzijat, mustahil manusia bisa menghapal 30 Juz Al-Qur’an. Kemudahan menghapal Al-Qur’an telah dijamin Allah SWT dalam firmannya :
“Sesungguhnya Kami telah mudahkan Al-Quran untuk pelajaran. Maka adakah orang yang mengambil pelajaran ? ” (Al-Qamar : 17)
Jaminan kemudahan ini berlaku untuk segala bentuk interaksi bersama Al-Qur’an; membaca, menghapal dan memahaminya. Mulailah dengan yang mudah dijangkau seperti juz 30, sehingga nanti bisa beradaptasi untuk hapalan yang lebih besar
Mengapa sebaiknya kita mulai dengan menghafal juz 30 ? Ayat-ayatnya relatif sudah sering didengar, pendek dan jumlah ayat disetiap surat sedikit. Setelah menyelesaikan juz 30, ada penghapal yang melanjutkan ke juz 29, 28, 27 dan seterusnya. Ini merupakan kiat, tidak ada nash yang mengharuskan. Dengan cara seperti ini tercipta kesiapan menghapal Al-Qur’an yang terus-menerus dan terhindar dari kegagalan ditengah jalan.
Mengapa umumnya menghapal tidak dimulai dari Al-Baqarah? karena karakteristik surat ini ayat-ayatnya panjang, tidak semudah juz 30. Walaupun kembali kepada kesungguhan kita saat menghapal. Ketika serius insya Allah dari juz berapa pun kita mulai tidak menjadi masalah. Jadi tujuan memulai hapalan dari juz 30 agar kita terlatih menghapal dan terbangun kesabaran untuk menyelesaikan 30 juz.
Iklan
Posted in: Indonesia