Israel Dituntut di Argentina

Posted on September 9, 2014

0


Pesawat tempur Israel  hujani Gaza dengan rudalnya (islammemo.cc)

dakwatuna.com – Buenos Aires. Di Argentina, sebuah kumpulan terdiri dari seniman, artis, LSM, lembaga HAM, dan aktivis solidaritas untuk rakyat Palestina, menuntut Israel dalam lembaga peradilan Argentina.

Dalam keterangan pers yang disampaikan kedutaan besar Palestina di Buenos Aires, Sabtu (6/9/2014) kemarin, dikatakan bahwa tuntutan terhadap pemerintah Israel itu diajukan ke pengadilan federal di kota Córdoba. Mereka menuntut pemerintah Israel karena melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan dan pembantaian massal terhadap rakyat Palestina di Gaza.

Di antara orang yang menandatangani tuntutan itu adalah Sergio Ortiz (jurnalis dan ketua komisi penghormatan orang hilang partai pembebasan (LP) Argentina). Selain itu, ada Juan Jose (artis), dan Maria Santucho (artis). Mereka menyatakan bahwa sebelumnya pernah diadakan juga proses pengadilan di Argentina untuk pelanggaran HAM yang terjadi di luar Argentina.

Di antara tuntutan mereka adalah dikeluarkannya surat penangkapan terhadap pejabat-pejabat Israel yang terlibat dalam kejahatan terhadap rakyat Gaza tersebut. Hal ini harus melibatkan Interpol. Pemerintah Israel juga dituntut untuk membangun kembali Gaza dan memberikan ganti rugi kepada para korban. (msa/dakwatuna/fj-p)

 

Iklan