Shalat Ashar Tepat Waktu Dapat Membuat Tubuh Bugar dan Terhindar dari Stres

Posted on September 9, 2014

0


Islamedia.co – “Peliharalah semua shalat dan shalat wusthâ. Dan laksana­kan­lah (shalat) karena Allah dengan khu­syuk.” (QS. Al Baqarah: 238)

Shalat Ashar adalah shalat yang waktu pelaksanaannya sangat dianjurkan tepat waktu. Selain karena pahala yang dijanjikan oleh Allah swt, kajian ilmiah modern juga membuktikan bahwa shalat Ashar dapat membuat tubuh tetap bugar, terhindar dari stres dan penyakit yang lain.

Waktu menjelang tenggelamnya matahari adalah waktu kedua dari naiknya adrenalin manusia. Waktu ini menjadi puncak naiknya adrenalin, disertai dengan semakin kerasnya detak jantung bergetar karena sel-sel tubuh mulai menyesuaikan diri dengan waktu dan cuaca dunia.

Bagi mereka yang terkena penyakit jantung, maka waktu ini adalah waktu yang sangat berbahaya karena sewaktu-waktu jantung akan berdetak dengan amat kencang. Oleh karena itu, waktu ini adalah waktu yang sangat sulit yang dilalui manusia. Bahkan bayi yang baru lahir terbukti frekuensi dan intensitas jantungnya semakin kencang di antara waktu jam dua hingga jam empat sore.
Itulah sebabnya, Allah menyuruh Muslim untuk selalu menjaga shalat Ashar.

Seyogianya Muslim meninggalkan kesibukan di waktu ini kecuali segera mengambil air wudhu. Setelah itu, lalu menegakkan shalat agar tubuh tetap­ ­tenang dan detakan jantung menjadi teratur karena sedang menghadap Pemilik semesta alam ini. (kabarumat/The Great Quran, Maghfirah Pustaka/islamedia)

Iklan
Posted in: Indonesia, Islam