Makam Pejuang Palestina “Syeikh Al-Qassam” Dijual Oleh Israel

Posted on Oktober 23, 2014

0


Islamedia.co –  Jurnalis Indonesia Abdillah Onim melalui Page Facebook resminya memberitakan bahwa sebuah pemakaman di Haifa di mana jasad Sheikh Izz Ad-Din Al-Qassam dimakamkan telah dijual kepada sebuah perusahaan konstruksi swasta, hal ini memicu kekhawatiran pecahnya Intifada ketiga.

Al Qassam dianggap sebagai salah satu icon terpenting dari perlawanan Palestina. Namanya diabadikan ketika menjadi orang pertama yang meletakkan pondasi atas terselenggarannya perlawanan terhadap pasukan Mandat Inggris dan pemukim zionis di pertengahan tahun 1930-an. Hamas menamakan sayap militernya dengan Brigade Izz Ad-Din Al Qassam sebagi pengakuan atas peran heroik yang ia mainkan dalam membela Palestina

Perusahaan konstruksi mencatat bahwa menurut kontrak mereka dengan pemerintah Israel, area tersebut harus diperiksa dan makam-makam harus dipindahkan ke area lain.

Mustafa Bara, pengacara yang mewakili Palestina yang sangat menentang keputusan pemerintah Israel, memperingatkan atas pengambilan langkah ini, karena akan menimbulkan reaksi keras dari masa Palestina. Warga Palestina menganggap tindakan ini sebagai pelanggaran kesucian agama dan menyakiti perasaan rakyat Palestina yang menganggap Al Qassam, yang berasal dari Suriah, sebagai salah satu pemimpin yang paling menonjol dalam sejarah mereka.

Sebagaimana dikutip Radio Israel, Bara mengatakan bahwa pemerintah zionis tidak tepat dalam memperkirakan luas dan besarnya potensi reaksi terhadap langkah ini, penjualan makam akan memperpuruk hubungan orang-orang Yahudi dan Israel Palestina. Dia juga meminta Perdana Mentri Israel Benyamin Netanyahu untuk lebih sensitif terhadap masalah ini.

Sebelumnya makam Izz As-Din Al Qassam telah diserang dan dirusak oleh kelompok extrimis Yahudi. Batu nisannya hancur dan slogan-slogan anti Muslim dan anti Arab juga tertulis di atasnya.[abdullahonim/islamedia]

Posted in: Palestina, Zionis