Spanyol Keluarkan Surat Perintah Penahanan Benjamin Netanyahu

Posted on November 19, 2015

0


Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tidak bisa menginjakkan kaki di negeri Spanyol. Pasalnya, hakim Spanyol Jose de la Mata mengeluarkan surat perintah penahanan terhadap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Jika dia tetap nekad menginjakkan kaki di Negeri Matador, maka polisi maupun Garda Nasional wajib menangkapnya.

Bukan hanya Netanyahu, tujuh pejabat tinggi Israel lainnya juga dikenakan kebijakan yang sama. Diantaranya adalah mantan Menlu Israel Avigdor Leiberman, Mantan Menteri Pertahanan Ehud Barak, Mantan Menteri Dalam Negeri Eli Yishai.

Dikutip dari merdeka, surat perintah tersebut terbit, setelah persidangan lanjutan kasus pembunuhan aktivis di kapal bantuan Palestina, Mavi Marmara, digelar kembali. Dalam persidangan itu, Netanyahu dianggap bertanggung jawab atas serangan tentara Zionis ke atas kapal berisi bantuan itu lima tahun lalu.

Sementara itu, menanggapi isu surat penahanan tersebut, kementerian Luar Negeri Israel berang. Ia menganggap hal itu provokasi dari pengadilan Spanyol.

“Kami menganggapnya provokasi (dari Pengadilan Spanyol). Kami akan bekerja sama dengan pemerintah Spanyol untuk membatalkan perintah itu,” ujar Juru bicara Kemenlu Israel, Emmanuel Nachson, seperti dilansir surat kabar the Independent, Selasa (17/11). [merdeka/islamedia]

Posted in: Palestina, Spanyol, Zionis