Karena Rafah Ditutup, Selama 2015 Tak Ada Delegasi Kemanusiaan ke Gaza

Posted on Desember 3, 2015

1


Gaza – Pusat Informasi Palestina: Komisi Pemerintah untuk Pembebasan Blokade dan Penyambutan Delegasi mengatakan bahwa selama tahun 2015 ini tidak ada delegasi solidaritas kemanusiaan yang masuk ke Jalur Gaza.

Laporan tahunan yang diterbitkan komisi menjelaskan bhawa pada tahun 2014 pihaknya menyambut kedatangan 41 delegasi dengan total 317 relawan kemanusian, tahun 2013 pihaknya menyambut kedatangan 218 delegasi dengan total 4485 relawan kemanusiaan.

Ketua Komisi Alauddin Bathah menegaskan bahwa penutupan gerbang perlintasan Rafah menghalangi masuknya setiap delegasi kemanusiaan ke Jalur Gaza. Dia menjelaskan bahwa komisinya melihat dengan sangat serius atas berlanjutnya penutupan gerbang Rafah, yang berdampak kepada terjadinya kelumpuhan seluru sisi kehidupan sosial dan ekonomi.

Bathah menyerukan kepada semua organisasi swasta dan internasional untuk turun tangan segera dan secepatnya guna membuka kembali gerbang Rafah yang merupakan satu-satunya pintu bagi Gaza, dan menekan otoritas Mesir agar komitmen dengan hukum internasional dan memperingan penderitaan rakyat Palestina yang diblokade pasukan penjajah Zionis.

Sejak empat bulan berturut-turut otoritas Mesir menutup gerbang Rafah. Sementara itu otoritas Mesir terus menurup gerbang hampir total sejak 400 hari, dengan dalih memburuknya situasi keamanan di utara Sinai. (asw/infopalestina.com)

Posted in: Palestina, Zionis